PT. TELKOMSEL
(PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA)
Disusun Oleh :
M Fathi Fadhillah (53415926)
M. Faiz Sayyaf ( 54415568)
Rahma Dea Lestari (55415551)
UNIVERSITAS
GUNADARMA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI TEKNIK INFORMATIKA 2018/2019
Dengan memanjatkan puji dan syukur
ke hadiran Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga
kami dapat menyelesaikan tugas pengantar bisnis informatika dengan baik tanpa
ada halangan yang berarti.
Kami mengucapkan
terima kasih kepada Ibu Rosny Gonidjaya selaku dosen mata kuliah Pengantar
Bisnis Informatika yang telah memberi arahan dan bimbingan untuk kami, serta
kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian tugas pengantar
bisnis informatika.
Diluar
itu, kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini,
baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Namun demikian, kami
telah berupaya dengan sebaik-baiknya dari segala kemampuan yang dimiliki
sehingga dapat meghasilkan sebuah karya yang baik. Oleh sebab itu, dengan
segala kerendahan hati kami menerima segala kritik dan saran yang membangun dari
pembaca.
Depok, 18
November 2018
Daftar Isi
KATA PENGANTAR..............................................................................................................................2
Daftar
Isi..................................................................................................................................................3
BAB
1 PENDAHULUAN......................................................................................................................4
1.1
Latar Belakang..................................................................................................................................4
1.2
Rumusan Masalah.............................................................................................................................4
1.3
Tujuan................................................................................................................................................4
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................................................................................5
2.1 Pengenalan PT. Telkomsel................................................................................................................5
2.2 Regulasi & Prosedur
Pendirian.........................................................................................................7
2.2.1
Bentuk-bentuk Usaha..................................................................................................................7
2.2.2
Prosedur & Legalitas...................................................................................................................9
2.3
SDM dan Organisasi.........................................................................................................................9
2.3.1
Struktur Organisasi......................................................................................................................9
2.3.2
Deksripsi & Spesifikasi Tugas..................................................................................................10
2.3.3
Sistem penggajian.....................................................................................................................10
2.4
Aspek Pemasaran.............................................................................................................................11
2.4.1
Spesifikasi Jasa..........................................................................................................................11
2.4.2
Segmentasi Jasa.........................................................................................................................11
2.4.3
Analisis Situasi Pasar.................................................................................................................11
2.4.4
Analisis Pesaing.........................................................................................................................11
2.4.5
Strategi Promosi........................................................................................................................12
2.4.6
Media Promosi Berbasis TI.......................................................................................................12
2.5
Aspek Keuangan..............................................................................................................................13
2.5.1
Komponen biaya/anggaran........................................................................................................13
2.5.2
Estimasi biaya/satuan biaya......................................................................................................14
2.5.3
Penyusunan anggaran/investasi perusahaan casflow(inflow & outflow)..................................15
2.5.4
Time Value of Money................................................................................................................15
2.5.5
Tingkat Suku Bunga..................................................................................................................16
2.5.6
Pencatatan keuangan sederhana................................................................................................17
BAB
III PENUTUP...............................................................................................................................20
3.1
Kesimpulan.....................................................................................................................................20
3.2
Saran...............................................................................................................................................20
DAFTAR
PUSTAKA...........................................................................................................................21
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler GSM pertama
di Indonesia dengan layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal
26 Mei 1995. Saat itu, saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar
65% dan sisanya oleh Indosat. Pada tanggal 1 November 1997, Telkomsel menjadi
operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar.
Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di
Indonesia dengan 81,644 juta pelanggan per 31 Desember 2007 dan pangsa pasar
sebesar 51% per 1 Januari 2007. Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan
roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007.
1.2 Rumusan
Masalah
Pada makalah ini dapar dirumuskan
masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana regulasi dan prosedur
pendirian perusahaan?
2. Bagaimana dengan SDM dan organisasi
yang terdapat didalamnya?
3. Bagaimana dengan aspek pemasaran
yang ditawarkan oleh perusahaan?
4. Bagaimana dengan aspek keuangan
perusahaan?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah
ini sebagai berikut:
1. Dapat mengetahui regulasi dan prosedur
pendirian perusahaan tersebut.
2. Dapat mengetahui SDM dan organisasi
yang terdapat dalam perusahaan tersebut.
3.
Dapat mengetahui aspek-aspek dalam pemasaran sebuah produk
atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat.
4. Dapat mengetahui aspek keuangan dari
perusahaan tersebut.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1
Pengenalan PT. Telkomsel
PT.Telkomsel adalah salah satu
perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Telkomsel merupakan
operator telekomunikasi seluler GSM pertama di Indonesia dengan layanan
pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Saat itu, saham
Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar 65% dan sisanya oleh Indosat.
Pada tanggal 1 November 1997, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di
Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar. Telkomsel mengklaim sebagai operator
telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 81,644 juta pelanggan per
31 Desember 2007 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007. Jaringan
Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada
akhir tahun 2007.
Telkomsel meluncurkan secara resmi
layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Layanan Telkomsel 4G LTE
memiliki kecepatan data access mencapai 36 Mbps. Saat ini Telkomsel menggelar lebih dari
100.000 BTS yang menjangkau sekitar 98% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai
operator seluler nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan,
Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang
kini dipercaya melayani lebih dari 143 juta pelanggan pada tahun 2015-2016.
Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi seluler di Indonesia
memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten
mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta pengembangan
jaringan Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan
broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan
pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan
yang tersebar di seluruh Indonesia.
Memasuki era ICT (Information and Communication Technology),
Telkomsel terus mengoptimalkan pengembangan layanan di Indonesia dengan
memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan
SingTelMobile (35%). Telkomsel terus mengembangkan layanan telekomunikasi
selular untuk mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan gaya hidup selular, a
truly mobile lifestyle.
Visi
Menjadi
penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital mobile kelas dunia yang terpercaya.
Misi
Memberikan
layanan dan solusi digital mobile yang melebihi ekspektasi para pengguna,
menciptakan nilai lebih bagi para pemegang saham serta mendukung pertumbuhan
ekonomi bangsa.
Bentuk-bentuk Usaha
2.2 Regulasi & Prosedur
Pendirian
2.2.1
Perusahaan didirikan berdasarkan akta notaris Imas Fatimah, S.H. No. 128 tanggal 24
September 1991. Akta pendirian tersebut telah disetujui oleh Menteri Kehakiman
Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. C2-6870.HT.01.01.Th.1991 tanggal
19 November 1991 dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 5 tanggal
17 Januari 1992, Tambahan No. 210. Anggaran Dasar Perusahaan telah beberapa
kali diubah, perubahan
terakhir
antara lain tentang perubahan struktur modal melalui pemecahan saham Perseroan
dari nilai nominal sebesar Rp250 dipecah menjadi Rp50 dan dihapuskannya Program
Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari Rencana Kerja dan Anggaran Perseroan,
berdasarkan akta notaris Ashoya Ratam, S.H., MKn. No. 11 tanggal 8 Mei 2013.
Perubahan terakhir telah diterima dan disetujui oleh Menteri Hukum dan Hak
Asasi Manusia Republik Indonesia (“Menkumham”) berdasarkan Surat No.
AHU-AH.01.10- 22500 tanggal 7 Juni 2013.
2.3 SDM dan
Organisasi
2.3.1
Struktur Organisasi
a) Presiden
director : pimpinan tertinggi dalam suatu perusahaan. Pimpinan tertinggi ini
memiliki tanggung jawab dalam memimpin dan mengarahkan perusahaan, yaitu dalam
hal menyusun strategi dan visi,menjalin hubungan dan kemitraan strategis, mengatur
investasi, alokasi dan divestasi dll.
b)
Finance Directorate : Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansidi perusahaan dalam memberikan
informasi keuangan secara komprehensif
dantepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusanyang mendukung pencapaian target
financial perusahaan.
c)
Marketing Directorate : Merancang, melaksanakan, dan memfasilitasi rencana pemasaran tahunan bagi perusahaan. Mendukung dan
memfasilitasi pengembangan dan pelaksanaan bagian
bisnis / rencana pemasaran.
d)
Sales Directorate : Merumuskan dan menerapkan strategi penjualan yang menahan pencapaian tujuan pendapatan dan laba.
e)
Network Directorate : di samping tugasnya sebagai anggota Direksi, adalah mengintegrasikan penyelenggaraan pengelolaan
infrastruktur dan jasa, yang dikelola dalam
satu manajemen secara fokus dan terintegrasi.
2.3.3 Sistem penggajian
2.3.3 Sistem penggajian
2.4 Aspek Pemasaran
2.4.1
Spesifikasi Jasa
PT. Telkomsel merupakan sebuah
operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia. Dalam menjalankan
usahanya Telkomsel menyediakan jasa telekomunikasi seluler jenis GSM yaitu
jenis operator seluler yang global di seluruh dunia. Telkomsel mempunyai jumlah
pelanggan lebih dari 45 diseluruh Indonesia yang merupakan 55% dari pasar
telekomunikasi di Indonesia.
2.4.2 Segmentasi Jasa
Pertumbuhan data yang cukup signifikan membuat Telkomsel
terus memajukan layanan data. Segmentasi pengguna pun ditegaskan kembali. Jika
sebelumnya kartu prabayar Loop ditujukan bagi segmen pengguna remaja usia 12-19
tahun, target simPATI kini berubah ke pengguna usia produktif berusia 20 sampai
30 tahun. Pengguna ini disebut Telkomsel dengan 'The Jugglers', atau 'Status
Concious Professional'. Berdasarkan data yang dimiliki segmen The Jugglers
Telkomsel telah menguasai sekitar 31 persen, di mana 19 persennya dikuasai oleh
Simpati.
2.4.3 Analisis Situasi Pasar
Melihat keadaan atau situasi terkini, Telkomsel masih
menjadi pilihan sebagai operator telekomunikasi di Indonesia. Dalam
melaksanakan kegiatan pemasaran, perusahaan mengkombinasikan empat variabel
yang sangat mendukung di dalam menentukan strategi pemasaran, kombinasi keempat
variabel itu (product, price, place, promotion).
2.4.3 Analisis Pesaing
Dalam urusan operator telekomunikasi, Telkomsel tentunya
sangat terpercaya dari segi professionalitas dan juga pelayanan yang cepat .
Banyak sekali perusahaan jasa pengiriman lain yang menjadi pesaing yaitu antara
lain:
a)
Indosat Ooredoo (lengkapnya PT Indosat Tbk., sebelumnya
bernama Indosat) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan
jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam
dengan pilihan pra bayar maupun pascabayar dengan merek jual Matrix Ooredoo,
Mentari Ooredoo dan IM3 Ooredo.
b)
PT XL Axiata Tbk (IDX: EXCL), (sebelumnya bernama PT
Excelcomindo Pratama Tbk) atau disingkat XL adalah sebuah perusahaan operator
telekomunikasi seluler di Indonesia. Pada 16 November 2009, RUPSLB XL menetapkan perubahan nama
perusahaan dari PT Excelcomindo Pratama Tbk. menjadi PT XL Axiata Tbk. XL
memiliki dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain itu
XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider
(ISP) dan VoIP.
2.4.4 Strategi Promosi
Telkomsel melakukan berbagai promosi yang gencar dilakukan,
diantara nya yaitu promosi jasa yang dilakukan melalui iklan-iklan didalam
media Televisi, maupun media cetak dan juga dilakukan di dalam media internet.
2.4.5 Media Promosi Berbasis TI
Di era modern kini, Telkomsel tentunya menerapkan sebuah
promosi guna meningkatkan perkembangan produknya. Pomosi ini memanfaatkan
teknologi yang semakin berkembang, yaitu selain menggunakan media massa dan
media cetak, telkomsel juga memanfaatkan media internet seperti promosi di
dalam web page (telkomsel.com), facebook, twitter, Instagram atau aplikasi My
Telkomsel.
2.5 Aspek Keuangan
2.5.1
Komponen biaya/anggaran
Dalam menetapkan tarif, Telkomsel merujuk pada komponen
biaya jaringan, termasuk untuk kebutuhan akses bandwidth internasional. Untuk
itu pihaknya menawarkan berbagai pilihan paket Internet kepada pelanggan dengan
berbagai pilihan harga.
Untuk harga paket internet yang diberikan oleh Telkomsel
terbilang sesuai dengan service yang didapat Costumer. Berikut adalah beberapa
daftar harga Telkomsel:
Net cash yang dihasilkan dari operasi di FY16 meningkat
17,7% YoY menjadi Rp42.805 miliar. Cash Flow yang digunakan di aktivitas
investasi sebesar Rp12.794 miliar terutama untuk pembayaran belanja infrastruktur Net cash
digunakan untuk Aktivitas pembiayaan (tidak
termasuk Dividen) adalah Rp4.731 miliar, dibanding tahun lalu Rp2.077 miliar karena berasal dari pinjaman jangka pendek &
menengah.
2.5.4
Time Value of Money
Time value of money atau dalam
bahasa Indonesia disebut nilai waktu dari uang merupakan suatu konsep yang
menyatakan bahwa nilai uang pada waktu sekarang akan lebih berharga dari pada
nilai uang pada masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada
perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Waktu akan merubah
nilai uang dengan sendiri nya tanpa ada aturan tertentu yang mengharuskan
perubahan nilai uang dengan jangka waktu tertentu.
Manfaat time value of money adalah
untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan
atau tidak. Time value of money berguna untuk menghitung anggaran. Dengan
demikian investor dapat menganalisa apakah proyek tersebut dapat memberikan
keuntungan atau tidak. Dimana investor lebih menyukai suatu proyek yang
memberikan keuntungan setiap tahun dimulai tahun pertama sampai tahun
berikutnya.
2.5.5 Tingkat Suku Bunga
Tingkat
bunga yaitu sebagai harga dari penggunaan uang untuk jangka waktu tertentu.
Pengertian tingkat bunga sebagai harga ini bisa juga dinyatakan sebagai harga
yang harus dibayar apabila terjadi pertukaran antara satu rupiah sekarang dan
satu rupiah nanti.
Jadi tingkat suku bunga merupakan
persentase dari modal yang dipinjam dari pihak luar atau tingkat keuntungan
yang didapatkan oleh penabung di Bank atau tingkat biaya yang dikeluarkan oleh
investor yang menanamkan dananya pada saham. Menurut teori klasik, bunga adalah
bagian dari penggunaan dana yang tersedia untuk dipinjamkan (Loanable Fund).
Harga ini terjadi di pasar dana investasi, ini terjadi dimana pada periode
waktu tertentu anggota masyarakat memilki kelebihan dari pendapatan kemudian
menabung kelebihan pendapatannya.
Terdapat
dua pandangan berbeda mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat suku
bunga (Sukirno, 1994:33) :
1.
Menurut pandangan ahli ekonomi
klasik, tingkat bunga dipengaruhi oleh permintaan atas tabungan oleh para
investor dan penawaran tabungan oleh rumah tangga.
2.
Menurut pandangan Keynes,
tingkat bunga dipengaruhi oleh jumlah uang yang beredar dan preferensi
liquiditas atau permintaan uang. Preferensi liquiditas adalah permintaan
terhadap uang seluruh masyarakat dalam perekonomian.
Dalam
hubungannya dengan permintaan uang, tingkat bunga bisa dibedakan menjadi dua
yaitu tingkat bunga dalam negeri dan tingkat bunga luar negeri. Perbedaaan
tingkat bunga diantaranya disebabkan beberapa faktor, yaitu : (Sukirno,
2000:385)
a.
Perbedaan resiko, pinjaman pemerintah membayar tingkat bunga
yang lebih rendah dari pada tingkat bunga pinjaman swasta karena resikonya
lebih kecil.
b.
Jangka waktu pinjaman, semakin lama waktu pinjaman semakin
besar tingkat bunga.
c.
Biaya administrasi pinjaman, pinjaman yang lebih sedikit
jumlahnya akan membayar tingkat bunga yang lebih tinggi.
Dari beberapa pendapat dan
pengertian yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat suku
bunga selalu menjadi ukuran bagi masyarakat dalam menentukan preferensinya
antara menabung (saving) atau menginvestasikan dana yang dimilikinya. Namun
pada saat kondisi tingkat suku bunga tinggi, maka hal ini akan mempengaruhi
peredaran uang di masyarakat, karena mereka cenderung untuk menabung sebab hal
ini dapat menguntungkan mereka. Sehingga hal tersebut dapa mengakibatkan uang
yang beredar akan berkurang.
2.5.6 Pencatatan keuangan sederhana
Berikut ini adalah tabel dari
catatan keuangan sederhana PT.Telkomsel yang dibagi menjadi 2 yaitu Financial Highlights dan Operational Highlights, pada financial
highlight jumlahnya dideskripsikan dengan (billion)milliar rupiah, seperti
gambar dibawah ini:
Catatan
:
1. EBITDA dibagi dengan
Pendapatan
2. Laba Bersih dibagi
dengan Pendapatan
3. Laba Bersih dibagi
dengan Rata-rata Jumlah Aktiva
4. Laba Bersih dibagi
dengan Rata-rata Jumlah Ekuitas
Berikut
ini adalah pencatan keuangan sederhana pada Operational Highlight:
BAB III
PENUTUP
Telkomsel
merupakan sebuah perusahaan besar yang telah berdiri sejak lama dan terbukti
selalu berusaha meningkatkan kinerja dan layanannya untuk para konsumen.
Inovasi terbaru, ide-ide kreatif dan strategi promosi yang tepat dan baik
sangat diperlukan agar perusahaan dapat mencapai minat pasar. Agar dapat
bersaing dengan perusahaan yang lain (kompetitor) sebuah perusahaan harus
memiliki 4 variabel penting yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Pencatatan
keuangan yang rinci seperti pemasukan dan pengeluaran harus seimbang agar
perusahaan tidak mengalami kerugian.
3.2 Saran
Makalah ini
masih terdapat kekurangan dimana belum terdapat perhitungan berapa lama
pengembalian modal dari perusahaan tersebut dan belum terdapat perhitungan time
value of money & tingkat suku bunga dari perusahaan tersebut. Diharapkan untuk
penulisan selanjutnya dapat dilengkapi sehingga menjadi lebih baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
5.
http://cekgajipegawai.blogspot.co.id/2015/12/info-lengkap-gaji-pegawai-telkomsel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar